? ??????????????Light flip? ????? ?? ???Rating: 5.0 (1 Rating)??231 Grabs Today. 675 Total Grabs. ??????Pr
eview?? | ??Get the Code?? ?? ?????Rainbows? ????? ?? ???Rating: 4.7 (15 Ratings)??229 Grabs Today. 3229 Total Grabs. ??????Preview?? | ??Get the Code?? ?? ???????????? ????Easy Inst BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Minggu, 14 Juni 2009

Resensi Buku

Resensi Buku


Resensi buku adalah ulasan mengenai sebuah buku. Tujuan pembuatan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca berkenaan dengan sebuah buku, misalnya, apakah buku itu merupakan hasil karya yang baikl arau tidak, apakah buku itu patut mendapatkan sambutan dari masyarakat atau tidak, dsb

Pokok-pokok yang dapat dijadikan sasaran dalam penilaian sebuah buku adalah sbb:

1. Latar belakang
Penulis resensi menegmukakan tema dari poin-poin penting dari buku yang dinilainya untuk mencari tema sebenarnya yang ingin disampaikan oleh pengarang yang bersangkutan.
2. Macam atau jenis buku
Penulis resensi perlu mengetahui jenis buku yang hendak dinilainya. Tujuannya untuk mempermudah referensidalam menunjukkan persamaan dan perbedannya dengan buku-buku lain.
3. Keunggulan buku
Keunggulan sebuah buku dapat dilihat dari sistematika penyajian, bobot isi, dan bahasa yang digunakannya.

Hal-hal yang biasanya diperhatikan dalam penulisan resensi buku adalah sbb:
  1. Bagian pembuka, yaitu berisi informasi tentang identitas buku yang meliputi judul, penulis penerbit, tahun terbit, jumlah atau tebal halaman, dan sampul buku.


  2. Isi resensi, meliputi didalamnya susunan penyajian singkat mengenai isi buku, gaya bahasa yang digunakan, hal-hal menarik dan terbaru dalam buku yang diresensi, dan perbandingan buku tersebut dengan buku sejenis yang ditulis pengarang lain.

0 komentar: