? ??????????????Light flip? ????? ?? ???Rating: 5.0 (1 Rating)??231 Grabs Today. 675 Total Grabs. ??????Pr
eview?? | ??Get the Code?? ?? ?????Rainbows? ????? ?? ???Rating: 4.7 (15 Ratings)??229 Grabs Today. 3229 Total Grabs. ??????Preview?? | ??Get the Code?? ?? ???????????? ????Easy Inst BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Minggu, 14 Juni 2009

Membaca & Membaca Memindai


Membaca

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh pesan atau pengetahuan yang ditulis melalui kata-kata dalam bentuk tulisan.

TEKNIK MEMBACA:


Dalam melakukan kegiatan membaca, kita perlu mengetahui berbagai teknik membaca agar dapat membaca secara efisien. Efisiensi membaca akan lebih baik, jika informasi yang dibutuhkan sudah dapat ditentukan lebih dahulu.

Ada beberapa teknik membaca untuk dapat menemukan informasi fokus dengan efisien, di antaranya: (Tampubolon dalam Farida Rahim, 2005)

  1. baca-pilih (selecting)
  2. baca-lompat (skipping)
  3. baca-layap (skimming)
  4. baca-tatap (scanning)

Untuk kajian kali ini, penulis akan memaparkan dua teknik membaca, yaitu baca-layap (skimming) dan baca-tatap (scanning).

Membaca-layap (skimming) adalah membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. (Farida Rahim, 2005). Membaca layap dibutuhkan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005).

Membaca tatap (scanning) atau disebut juga membaca memindai adalah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, dia akan melampaui banyak kata. Menurut Mikulecky & Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), membaca memindai penting untuk meningkatkan kemampuan membaca. Teknik membaca ini berguna untuk mencari beberapa informasi secepat mungkin. Biasanya kita membaca kata per kata dari setiap kalimat yang dibacanya. Dengan berlatih teknik membaca memindai, seseorang bisa belajar membaca untuk memahami teks bacaan dengan cara yang lebih cepat. Tapi, membaca dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk keperluan untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari ahli hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil membacanya. Membaca memindai umumnya digunakan untuk daftar isi buku atau majalah, indeks dalam buku teks, iklan dalam surat kabar, dan kamus.



Membaca Memindai

Membaca Memindai adalah kegiatan membaca untuk menemukan informasi yang diperlukan secara tepat dan cepat dalam buku.

Cara mengukur kecepatan membaca:


  1. Tandai dimana Anda mulai membaca.
  2. Bacalah teks dengan kecepatan yang menurut Anda memadai.
  3. Tandai akhir Anda membaca, usahakan mencari bacaan sekitar 1000 sampai 1500 kata.
  4. Catat waktu mulai Anda membaca.
  5. Catat waktu berakhir Anda membaca.
  6. Hitung berapa waktu yang Anda perlukan.
  7. Hitung jumlah kata dalam teks yang dibaca.
  8. Kalikan jumlah kata dengan bilangan 60 (satu menit=60 detik).
  9. Bagi hasil perkalian tersebut dengan jumlah waktu yang Anda perlukan.

0 komentar: